Pages

Subscribe:

Kamis, 22 November 2012

Rasi Bintang

        Bintang-bintang di angkasa adalah benda langit yang sudah tak asing lagi untuk kita lihat pada malam hari, apalagi ketika langit sedang cerah dan bulan sedang bersinar dengan terang, kita dapat melihat banyak bintang di angkasa raya. Carilah kondisi alam yang seperti itu, amati dan telitilah benda-benda angkasa tersebut. Benda-benda itu terlihat saling menempel tanpa beraturan di langit yang luas. Namun sebenarnya bintang-bintang itu tidak hanya sekedar hanya menempel tanpa beraturan karena beberapa bintang tampak membentuk konjungasi, suatu susunan yang cukup menarik..

        Misalnya tiga buah bintang yang saling berdekatan membentuk segitiga dan empat buah bintang membentuk sebuah palang. Ada juga beberapa bintang yang berdekatan dam membentuk sebuah kerangka kalajengking. Susunan beberapa bintang inilah yang disebut dengan konstelasi bintang atau yang sering disebut dengan rasi bintang. Konstelasi atau rasi-rasi bintang itu sebenarnya tidak hanya suatu susunan yang menarik untuk dilihat, tetapi juga mengandung rahasia-rahasia alam yang sangat bermanfaat bagi kita.

       Jika pada malam hari kita berada di tempat yang terbuka  seperti di tengah laut yang luas dan kita melihat ke angkasa raya kita dapat menentukan arah utara dengan pertolongan pertolongan rasi bintang Biduk (USRA MAJOR) dan menentukan arah selatan dengan pertolongan rasi bintang Pari (CRUX). Kemungkinan masih banyak rahasia-rahasia lain yang belum ditemukan oleh para ilmuan.



Rasi Bintang Biduk


Rasi Bintang Pari


Sumber :
http://pengembaradunia.wordpress.com/2010/10/13/rasi-bintang-buat-penunjuk-arahmu-kawan/http://fiksi.kompasiana.com/prosa/2011/03/19/bintang/


http://www.pictogame.com/en/play/game/zh4zK4MhtAUH_even-more-bloons    link game
http://www.cursors-4u.com/cursor/2011/12/08/alternate-select-smiley-star.html link kursor

     

0 komentar:

Posting Komentar